Sepenggal pengalaman di Pati

24 Mei 2016, Julivius bersama 6 teman lainnya mendapatkan kesempatan untuk berbaur dengan warga desa Karangsari terlebih dahulu. Mereka bertugas untuk mempersiapkan kedatangan 47 mahasiswa Buddhis lainnya.

Selama 2 hari, mereka mengunjungi warga-warga desa untuk menyebarkan informasi serta menyesuaikan rencana yang telah dibuat sebelumnya dengan kondisi desa Karangsari. Singkat cerita, acara live-in DDB 2016 yang dimulai pada tanggal 26 Mei 2016 dan berakhir pada tanggal 30 Mei 2016 berjalan dengan cukup baik.

Kunjungan yang dilakukan oleh 53 mahasiswa yang tergabung dalam KMB ITB bermaksud untuk memberikan inspirasi serta harapan bagi warga desa untuk tetap berjalan dalam Dhamma. Namun kenyataan berkata lain, ketimbang menginspirasi warga desa, saya sendiri lebih merasa terinspirasi oleh warga desa.

Awalnya tindakan mereka cukup sulit untuk dipahami. Makanan yang cukup banyak malah dikatakan apa adanya. Makanan ringan selalu tersedia. Kehidupan pedesaan yang dikatakan banyak kekurangan walaupun kenyataannya lebih banyak dari yang dimiliki oleh kehidupan rata-rata mahasiswa.

Akan tetapi hal yang mereka lakukan sebenarnya sangatlah wajar mengingat waktu peserta tinggal hanyalah 5 hari. Tentunya tidak banyak dari warga desa yang kerap menerima orang yang belum dikenal untuk menginap di rumah mereka. Kesediaan mereka untuk menyediakan tempat tinggal dan bahkan meminjamkan kendaraan untuk peserta sudah menjadi salah satu bukti kerendahan hati serta kesederhanaan warga desa Karangsari.

Hidup di desa Karangsari juga mengajarkan bahwa tersedianya banyak hiburan seperti di kota tidak menjamin hidup yang bahagia. Hidup di desa Karangsari mengajarkan bagaimana hidup damai serta hidup bersyukur. Hidup di desa Karangsari juga mengajarkan bahwa apa yang kita pikir kita butuhkan belum tentu benar-benar kita butuhkan.

Bersamaan dengan ini, saya ingin berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu DDB 2016 khususnya warga desa Karangsari yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berbuat baik serta kesediannya untuk menerima kunjungan peserta DDB 2016.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s